Posted by Admin . | May - 8 - 2012 | 0 Comment


Survey tersebut memperlihatkan pasangan yang paling populer berdasarkan opini masyarakat DKI Jakarta yang menjadi responden adalah Hidayat Nurwahid – Didiek Rachbini dengan persentase sebesar 32,6%

Jakarta (UNAS) – Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta tidak lama lagi akan digelar, pendataan masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pun sudah mulai digencarkan sejak beberapa bulan yang lalu. Tidak ketinggalan, para calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta juga tengah menjalankan aksinya untuk meyakinkan dan mengajak warga dalam mewujudkan visi dan misi mereka membangun kota Jakarta.

Namun demikian, bagaimanakah persepsi masyarakat Jakarta terhadap semua calon gubernur dan wakil gubernur sekarang ini? Menjawab hal tersebut, Universitas Nasional melalui Laboratorium Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) bekerjasama dengan Madani Institute melakukan survey Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta 2012, dimana populasi penelitian tersebut merupakan warga DKI yang sudah memiliki hak pilih yang dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Survey ini dilakukan di enam wilayah DKI Jakarta meliputi Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Kepualuan Seribu. Dengan survey ini kita ingin melihat bagaimana sebenarnya persepsi masyarakat terhadap para cagub dan cawagub yang akan maju untuk tahun ini,” papar Ketua Tim Peneliti, DR. Firdaus Syam saat ditemui di ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Pusat Pengkajian Islam (PPI) Universitas Nasional, Senin (30/4).

Survey yang dilakukan dari tanggal 21 ? 28 April 2012 dengan melibatkan sebanyak 1050 sampel di 44 Kecamatan ini menggunakan instrument pengumpulan data berupa angket yang terdiri dari kinerja, dimana opini masyarakat mengenai kinerja gubernur dalam berbagai bidang seperti penanganan kemacetan, banjir, kebersihan hingga penanganan anak jalanan dan orang tua jompo. Tidak hanya itu, dalam angket tersebut, warga juga diminta opininya seputar kepemimpinan, popularitas pada masing – masing pasangan cagub dan cawagub,pertanyaan lainnya adalah seputar Akseptabilitas, dan Elektabilitas. Jika dijumlahkan, warga akan menjawab 21 butir pertanyaan yang diajukan oleh pihak peneliti.

Dalam hasil survey tersebut, secara keseluruhan pasangan yang paling populer berdasarkan opini masyarakat DKI Jakarta yang menjadi responden adalah Hidayat Nurwahid – Didiek Rachbini dengan persentase sebesar 32,6% dan disusul oleh pasangan Fauzi Bowo – Nachrowi Ramli dengan persentase sebesar 30,9% dan Joko Widodo – Basuki Tjahaja Purnama sebesar 28,20%. “Berdasarkan wilayah, ada penyebaran popularitas yang berbeda antara pasangan kandidat gubernur yang ada, contohnya saja di Kepulauan Seribu pasangan yang paling popular adalah Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama,”imbuh Firdaus.

Secara umum, pasangan Hidayat Nurwahid – Didiek Rachbini yang berhasil memperoleh persentase tertinggi dipilih oleh warga yang berpendidikan tinggi, pegawai swasta, dan wiraswastawan dan berumur antara 21 sampai 56 tahun dengan alasan pasangan tersebut dianggap paling dapat dipercaya, paling mampu memimpin DKI Jakarta, dan paling memungkinkan untuk membangun DKI Jakarta menjadi lebih baik.

 

Sumber: unas


-- Download Jelang Pemilukada DKI Jakarta, UNAS dan Madani Institute Lakukan Survey Opini Masyarakat as PDF --


Related posts:


Publikasi Terbaru

Hijacking Session Pa

Peneliti : Septi Andryana, S.Kom, MMSI., Fauziah, S.Kom, ...

Metode Jaringan Sara

Peneliti : Fauziah, S.Kom, M.MSI, M. Iwan Wahyuddin, ...