Posted by Admin . | April - 9 - 2012 | 0 Comment

Peneliti : Heni Jusuf, S.Kom, M.Kom.

Abstrak
Saat ini perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak computer semakin
berkembang pesat. Sudah sangat umum para pelajar menggunakan computer untuk belajar.
Banyak aplikasi yang di buat untuk membantu pelajar memahami materi pelajaran. Dalam
pengembangan perancangan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia, penulis
mengembangkan perangkat ajar yang di dalamnya terdiri dari : tahap konsepsi, realisasi dan
eksploitasi. Hal yang pertama dilakukan dalam tahap konsepsi adalah melakukan persiapan
awal atau analisis melalui wawancara, observasi, pembagian kuisioner dan studi pustaka.
Setelah diketahui kebutuhan aplikasi pembelajaran berbasis multimedia yang disukai pelajar
Sekolah Dasar. Barulah penulis membuat perancangan story board berdasarkan script yang
telah dibuat sebelumnya. Untuk menghindari pekerjaan ulang dan kesalahan, sebelum aplikasi
dibangun maka dilakukan peninjauan ulang. Setelah yakin tidak ada kesalahan, penulis mulai
membangun aplikasi dengan menggunakan Macromedia Flash MX. Setelah pembuatan coding
selesai, penulis meninjau ulang kembali untuk menghindari kesalahan ketika pemasangan
kepada komputer pengguna maka dilakukan evaluasi kembali apakah perancangan aplikasi
pembelajaran berbasis multimedia ini bisa diterapkan, user friendly, dan menarik minat pelajar
untuk belajar dan menyukai pelajaran. Sebagai aplikasi berbasis multimedia, belajar menjadi
lebih menyenangkan dan tidak membosankan bagi pelajar sekolah dasar. Sehingga minat dan
motivasi belajar mereka pun meningkat.
Kata kunci : Aplikasi berbasis multimedia, konsepsi, realisasi, eksploitasi, analisa, story board,
user friendly,Macromedia Flash MX

Related posts:


 
Download File
 
pdf word

Publikasi Terbaru

Hijacking Session Pa

Peneliti : Septi Andryana, S.Kom, MMSI., Fauziah, S.Kom, ...

Metode Jaringan Sara

Peneliti : Fauziah, S.Kom, M.MSI, M. Iwan Wahyuddin, ...