Program Studi Informatika

Kunjungi Website

Program Studi Informatika merupakan salah satu program pendidikan sarjana di Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional. Pada Program Studi Informatika mahasiswa dibimbing untuk mengkaji dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer.

Program Studi Informatika ini memberikan kesempatan kepada para lulusan sekolah menengah atas dan sederajat untuk mendapatkan pendidikan keahlian di bidang Informatika dan Teknologi Komunikasi pada jenjang Sarjana. Program Studi Informatika dirancang untuk mencetak tenaga-tenaga pforesional dan kompeten di bidang Informatika dan Tekonologi Komunikasi.

Visi

Menghasilkan lulusan yang kompeten dibidang sains komputer dengan keunggulan dalam bidang Grafik Komputer dan Multimedia, Jaringan Komputer, dan Teknologi Perangkat Lunak serta memiliki karakter dan integritas moral.

Misi

Pendidikan
  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang keilmuan TIK yang menerapkan standard akademik nasional.
  2. Meningkatkan kualifikasi dosen hingga ke jenjang S3 di bidang TIK pada perguruan tinggi bereputasi.
  3. Meningkatkan jumlah dosen yang mencapai jabatan fungsional profesor.
  4. Menerapkan kurikulum yang berorientasi pada peningkatan mutu akademik, yakni dengan mengacu pada KKNI.
  5. Meningkatkan prestasi mahasiswa di even kompetisi ilmiah tingkat nasional dalam bidang TIK.
  6. Menerapkan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan (Sustainable of Quality Assurance) untuk meningkatkan akuntabilitas tata kelola pendidikan.
  7. Menyediakan fasilitas laboratorium sebagai basis pengembangan riset bidang keilmuan TIK.
  8. Meningkatkan pencapaian standard Akreditasi A dari BAN-PT
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
  1. Meningkatkan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Menghasilkan produk penelitian berbasis TIK sebagai solusi atas isu-isu strategis nasional.
  3. Menghasilkan outcome penelitian yang dapat meningkatkan penguasaan TIK di masyarakat.
  4. Meningkatkan keberhasilan pencapaian hibah penelitian dan institusi.
  5. Meningkatkan publikas ilmiah di tingkat nasional dan internasional, baik di jurnal dan seminar.
  6. Memanfaatkan kerjasama penerapan riset TIK di industri dan masyarakat.
  7. Memanfaatkan kerjasama dengan institusi luar dalam pengembangan riset dan pendidikan.

Tujuan

  1. Menjadikan program studi Informatika yang unggul dan favorit di tingkat nasional.
  2. Menghasilkan kurikulum pendidikan S1 yang berorientasi pada peningkatan kompetensi bidang keahlian sains komputer.
  3. Menghasilkan sumber daya akademik (dosen-dosen) yang berkualifikasi pendidikan S3 di bidang sains komputer.
  4. Menghasilkan guru besar yang berbasis kepakaran bidang keilmuan TIK.
  5. Meningkatnya luaran-luaran penelitian yang memperkuat bidang sains komputer.
  6. Menghasilkan lulusan yang berkompetensi di bidang Informatika khususnya pada bidang Grafik Komputer dan Multimedia, Jaringan Komputer, dan Teknologi Perangkat Lunak.
  7. Menghasilkan kurikulum yang mengacu pada standar APTIKOM (60%), dan kurikulum yang dikembangkan oleh Program Studi (40%) disesuaikan dengan kebutuhan stake holder serta memperhatikan hasil analisis Tracer Study.
  8. Menghasilkan lulusan dengan masa studi rata-rata 7-8 semester dan IPK rata-rata 3.25.
  9. Membekali lulusan untuk mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan mempunyai sertifikasi pelatihan internasional di bidang TIK.
  10. Mendapatkan hibah-hibah dari dalam dan luar negeri dan mempublikasikan penelitian dalam media ilmiah berkala nasional, internasional dan terakreditasi.
  11. Menghasilkan kontribusi karya ilmiah yang terdaftar sebagai Hak Cipta sebagai luaran peneliti.

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Kompetensi Utama Lulusan

  • Mampu menerapkan teri informatika dalam pemecahan masalah
  • Mampu mengidentifikasi dan menganalisa masalah, serta merancang solusi komputasi yang optimal untuk penyelesaian masalah tersebut
  • Mampu mengembangkan dan menguji perangkat lunak berdasarkan teori dan kaidah Informatika
  • Mampu bekerja secara profesional baik secara individu maupun dalam kelompok untuk melaksanakan proyek-proyek bidang Teknik Informatika
  • Menguasai pengetahuan tentang teknologi terbaru dan implementasinya
  • Mampu menjadi entrepreneour dan berwirausaha di bidang Informatika
  • Mampu menjadi peneliti di bidang Informatika

Kompetensi Pendukung Lulusan

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  • Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Profil Lulusan

Profil Lulusan Deskripsi
Computer Engineer Lulusan yang dapat bekerja pada lingkungan yang fokus pada perancangan dan pembuatan piranti digital dan elektronik berbasis komputasi yang menggabungkan aspek pengetahuan di bidang software maupun hardware.
Software Engineer Lulusan yang dapat bekerja pada perusahaan pengembang berbagai software atau piranti lunak yang dibutuhkan untuk beragam keperluan, baik yang merupakan piranti sistem operasi, piranti pendukung (tools), piranti aplikasi pada baku kualitas pengembangan yang telah distandarisasi. Misalnya piranti lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan, model data dan simulasi.
Multimedia Developer Lulusan yang dapat bekerja dengan merancang, mengembangkan dan mengelola fiture multimedia, seperti teks, suara, grafis, foto digital, pemodelan 2 Dimensi/3 Dimensi, animasi dan video untuk membuat produk-produk seperti web site, aplikasi mobile atau program komputer multimedia.
Network and Data Communication Engineer Lulusan yang dapat bekerja di bidang jaringan dan komunikasi, bertanggung jawab untuk menerapkan, memelihara, mendukung, mengembangkan dalam permasalahan perancangan jaringan komputer komunikasi dan komunikasi data dalam suatu organisasi atau antar organisasi.
Telecommunication Network Engineer Lulusan yang dapat bekerja dalam bidang desain jaringan telekomunikasi, melaksanakan, dan mengelola berbagai jaringan telekomunikasi berbasis komputer yang digunakan dalam sebuah organisasi/perusahaan. Jaringan ini termasuk jaringan data, seperti internet, jaringan suara, seperti teknologi telekonferens, dan komunikasi video, seperti video conference.