MTI-FTKI UNAS Ikuti Bimtek Kurikulum OBE dan PIKOBE 2025 di Universitas Nusa Mandiri
Depok, 16 Mei 2025 – Program Studi Magister Teknologi Informasi (MTI) Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (UNAS) turut serta dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum OBE dan Pengukuran Indeks Kematangan OBE (PIKOBE) 2025 yang diselenggarakan oleh Universitas Nusa Mandiri.
Kegiatan ini merupakan Bimtek yang membahas penyusunan kurikulum berbasis Outcome-Based Education (OBE) serta pengukuran indeks kematangan OBE (PIKOBE). Tujuannya adalah untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan tinggi melalui penyusunan kurikulum yang berorientasi pada capaian pembelajaran dan kesiapan implementasi standar akreditasi nasional dan internasional.
Bimtek ini diikuti oleh berbagai institusi pendidikan tinggi, termasuk tim dari Program Studi MTI FTKI UNAS yang turut aktif berpartisipasi. Dalam dokumentasi terlihat kehadiran dosen-dosen dan pengelola program studi yang mengikuti sesi diskusi dan pelatihan intensif. Salah satu peserta yang tampak aktif dan menjadi presenter adalah Nurhayati, S.Si., MTI dari FTKI UNAS.
Acara ini diselenggarakan pada Kamis dan Jumat, 15–16 Mei 2025, bertempat di Universitas Nusa Mandiri, Kampus Margonda, Depok.
Pelatihan ini menjadi langkah strategis dalam memastikan kurikulum yang diterapkan mampu menjawab kebutuhan dunia kerja dan perkembangan teknologi yang pesat. OBE menjadi kerangka kurikulum yang kini diwajibkan untuk semua program studi dalam upaya peningkatan akreditasi dan daya saing lulusan secara global.
Kegiatan berlangsung dalam format pelatihan intensif, diskusi, dan presentasi hasil evaluasi kurikulum. Selama dua hari, para peserta mendapatkan materi dari para ahli di bidang kurikulum dan akreditasi, termasuk pembahasan mendalam mengenai strategi penyusunan kurikulum berbasis capaian pembelajaran dan indikator evaluasinya.
Beberapa narasumber yang mengisi acara Bimtek ini antara lain adalah para pakar dari Aptikom dan institusi mitra yang telah berpengalaman dalam penyusunan kurikulum berbasis OBE dan asesmen PIKOBE.

